Senin, 04 Agustus 2008

LA di Bulan Juli 2007


Monitoring TBM Lumbung Aksara

Program komunitas LA untuk mendirikan taman bacaan masyarakat (TBM) mendapat dukungan banyak pihak. Tanggal 3 Juli, Badan Perpustakaan Daerah Propinsi DIY, yang akan menganggarkan bantuan buku kepada TBM Lumbung Aksara senilai Rp6,5 juta, melakukan kunjungan dan monitoring di lokasi TBM LA yang terletak di Jl. Makam Kiai Batok Bolu Maesan Wahyuharjo Lendah. Kunjungan yang juga didampingi karyawan kantor Perpustakaan Kabupaten Kulonprogo tersebut dalam rangka penjajakan kerja sama pendirian pilot-project pengembangan TBM. “Jumlah koleksi sudah lumayan. Tinggal merapikan pengklasifikasian dan pematangan tenaga administrasi serta pustakawan. Kiranya TBM LA layak dijadikan pilot-project untuk kemudian bisa go public”, ungkap Bandung Wibowo dari Badan Perpustakaan Daerah DIY.


Pembelajaran Menulis Kreatif LA – Karang Taruna KP

Agenda perdana Lumbung Aksara untuk lebih dekat dengan publik kali ini digelar dalam tajuk “Pembelajaran Menulis Kreatif” (PMK) untuk siswa dan pemuda angkatan I. Acara ini diselenggarakan atas kerja sama LA dengan Karang Taruna KP pada tanggal 14-15 Juli 2007 dan bertempat di eks-gedung Perpusda KP Jl. Purworejo KM. 1 Wates. Materi pembelajaran antara lain jurnalistik media dan perihal menulis sastra (puisi). Dengan dibawakan secara kocak dan santai oleh Aguk Irawan MN, Umar Maksum dan Marwanto kegiatan ini mendapat apresiasi cukup menggembirakan dari peserta yang berjumlah 13 orang. “Harapannya ke depan, dari PMK ini bisa menghasilkan sebuah karya sesuai yang diinginkan oleh peserta” ujar Bimo Prasetyo (Ketua Karang Taruna KP) ketika membuka acara ini.


Baca Puisi di TP ke-10

Tanggal 20 Juli 2007, komunitas LA mengemas acara pembacaan puisi lewat agenda bulanan yang bertajuk “Tadarus Puisi”. Di edisi yang ke-10, TP kali ini di adakan di Taman Binangun KP, kompleks alun-alun Wates. Acara yang sedianya dijadwalkan jam 13.00 molor hingga beberapa jam. Sehingga ada sebagian dari kerabat pecinta puisi yang meninggalkan lokasi sebelum acara dimulai. “Yang bisa digarisbawahi dalam pertemuan kali ini adalah : meski hanya dihadiri oleh beberapa orang saja, paling tidak tradisi ini masih bertahan hingga sekarang” ujar Marwanto selaku koordinator LA. Selain pembacaan puisi dalam TP kali ini juga dilakukan “pengadilan puisi” sekaligus lounching LONTAR edisi 8.


Workshop Sastra di TBJT Solo

Sabtu-Minggu (28-29 Juli 2007) bertempat di Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah yang terletak di 100 M barat UNS Solo, 4 orang perwakilan LA diundang untuk mengikuti Workshop Sastra yang diadakan oleh komunitas sastra PAWON Solo. Workshop dengan materi penulisan novel, cerpen, puisi, dan publikasi karya di media massa ini diisi oleh S. Prasetyo Utomo (cerpenis), Triyanto Triwikromo (cerpenis yang juga redaktur sastra Harian Suara Merdeka), penyair Iman Budhi Santosa, Abidah el-Khalieqy (penulis novel Geni Jora) pemenang runner-up sayembara novel DKJ 2004), Dwicipta (cerpenis, mahasiswa HI UGM) dan penulis lokal Solo. Selain mengikuti workshop, pada kesempatan itu pula dijadikan sebagi ajang komunikasi, sharing serta barter karya antar komunitas-komunitas sastra dari Solo, Jogja (LA Kulonprogo), Semarang, Karanganyar, Blora, Purwokerto, dan Bandung. LA berterima kasih atas apresiasi mereka terhadap bulletin LONTAR.

Tidak ada komentar: