Jumat, 08 Agustus 2008

LA di Bulan September 2007

Launching bulletin ”Prasasti” di TP ke-11

Komunitas LA kembali menyelenggarakan tradisi bulanan ”Tadarus Puisi”, Selasa 4 September 2007. Kali ini bertempat di Pondok Pesantren Zahratul Jannah (ZeJe) Giripeni Wates. Tetap seperti biasa, dihadiri oleh punggawa-punggawa LA serta fans-fans yang masih setia mengikuti ritme kehidupan LA. Ritual kali ini beda, karena sekaligus launching bulletin ”Prasasti” edisi perdana yang merupakan karya kawan-kawan hasil penggodokan di PMK. Lebih seru lagi karena selalu ada oleh-oleh khusus dari beberapa person LA yang saat-saat lalu mengikuti dan menghadiri kegiatan-kegiatan yang bernuansa sastra dan budaya di kota Jogja dan sekitarnya.

Silaturahmi Komunitas LA

Awal bulan Ramadhan kemarin, LA punya program silaturahmi ke beberapa komunitas dan sastrawan di Yogya. Namun karena minimnya persiapan dan koordinasi, hanya menjangkau dua tempat: LKiS dan Logung Pustaka. Di LKiS (tanggal 14/9), rombongan LA diterima Hairus Salim (Direktur) yang berpesan agar para sastrawan di LA tak hanya membatasi pergaulannya pada sesama sastrawan. “Sastrawan menjadi pintar karena bergaul dengan mereka yang punya profesi lain”, kata Salim. Sementara di Logung, LA dijamu Arif Fauzi Marzuki. Penulis yang lumayan produktif ini menyatakan apresiasinya pada LA yang tak kunjung bosan menggelorakan kegiatan sastra di daerah. Semoga di bulan-bulan mendatang, silaturahmi komunitas LA akan menjangkau komunitas dan sastrawan lain di Yogya.



LA Buka Puasa Bersama dengan Menu ”Diskusi Sastra” di TP ke-12

Minggu Sore, 23 September 2007, Komunitas Lumbung Aksara kembali menggelar ritual Tadarus Puisi, memasuki edisi ke-12. Selalu beda dari TP sebelumnya, acara yang digelar di Gedung PC NU Kulon Progo kali ini selain diisi pembacaan puisi, juga dirangkaikan dengan Diskusi Sastra ”Membaca Polemik Sastra Syahwat”. Hadir sebagai pembicara; Hairus Salim HS (Redaksi Majalah seni ”GONG” - Tim LKiS Yogyakarta) dan Joko Mursito, S.Sn. (Dewan Kebudayaan Kulon Progo). Dengan dimoderatori A. Syamsul Ma’arif (LA), acara ini berlangsung meriah.


(dari ki-ka: Mas Hairus Salim, Mas Joko Mursito, dan Samsul)

Tak luput acara ini diliput dan disiarkan dalam berita ”Yogyakarta Hari Ini”-nya TA TV, Solo. Nampak hadir begawan sastra Kulon Progo; Ki Soegiyono MS, Enes Pribadi, dan Nur Widodo. Turut hadir pula, berbagai Komunitas Seni yang ada di KP; Komunitas Padhang mBulan, KERN2S dan Forum Téh Toebroek Wates serta penikmat sastra lain yang selama ini apresiatif terhadap buletin sastra LONTAR.



”Kita harus tetap terus berkarya meski mungkin minim ’media’. Persoalan polemik sastra syahwat tak perlu kita ikut larut di dalamnya,” ungkap Hairus Salim HS sembari berpesan agar LA—sebagai Komunitas Sastra paling aktif di Kulon Progo saat ini—untuk tetap konsisten dalam menggerakkan sastra di Kulon Progo. Senada dengan apa yang diungkap Hairus Salim HS, Joko Mursito menambahkan, ”Dewan Kebudayaan Kulon Progo siap mendukung kegiatan sastra yang dilakukan oleh Lumbung Aksara, baik secara moril maupun materiil.” Acara ini ditutup dengan buka puasa bersama.

Tidak ada komentar: